Sabtu, 12 Januari 2013

Asal dan Perubahan Nama Papua

"Papua" adalah nama resmi Indonesia dan nama yang diakui secara internasional untuk nama sebuah provinsi di pulau paling timur wilayah Indonesia.

Pada masa kolonial Belanda kawasan ini dikenal sebagai bagian dari "Dutch New Guinea" atau "Nugini Belanda". Sejak pencaplokan pada tahun 1969, menjadi dikenal sebagai "West Irian" atau "Irian Barat" sampai 1973, dan selanjutnya berganti nama menjadi "Irian Jaya" (kira-kira diterjemahkan, "Glorious Irian") oleh pemerintahan Soeharto. Ini adalah nama resmi sampai nama "Papua" diadopsi pada tahun 2002. Saat ini, penduduk asli provinsi ini lebih suka menyebut diri orang Papua.

Nama "Papua Barat" diadopsi pada tahun 1961 oleh Dewan New Guinea sampai PBB Eksekutif Otoritas Sementara (UNTEA) ditransfer ke pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1963. "Papua Barat" sejak itu telah digunakan oleh orang Papua sebagai istilah mengidentifikasi diri, terutama oleh mereka menuntut penentuan nasib sendiri, dan biasanya mengacu pada seluruh bagian Indonesia dari New Guinea. The Indonesian provinsi lain yang saham Nugini, Irian Jaya Barat, telah resmi berganti nama sebagai "Papua Barat".

Di Indonesia dan Papua Barat sendiri, 'Papua' biasanya merujuk ke bagian barat seluruh New Guinea meskipun divisi menjadi provinsi terpisah Western New Guinea umumnya disebut sebagai 'Papua Barat' internasional -. Terutama di kalangan jaringan internasional solidaritas dengan gerakan kemerdekaan Papua Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar